FAQ

Bagaimana cara untuk mendaftar di Kokusai Kotoba Gakuin?

Bagi peminat bisa mendaftarkan diri langsung ke Ibu Yuli atau Bapak Ayi di Jl. Titiran No.10 Bandung, No telp: 022-2534372. Sehubungan dengan banyaknya penyalahgunaan visa pada tahun-tahun terdahulu. Untuk menghindari adanya penyalahgunaan visa, Kementrian Imigrasi terutama akan menolak permohonan visa pelamar yang tidak mencantumkan gambaran precollege/college, sehingga sekolah perlu mengkonfirmasikan beberapa ketentuan sebelum memberikan formulir aplikasi tersebut kepada pelamar. Aplikasi hanya akan diberikan langsung kepada pelamar setelah lulus wawancara dengan anggota staf kami.

Kapankah batas akhir penyerahan formulir pendaftaran?

Jika Anda berencana untuk mendaftarkan diri anda pada bulan April, Anda bisa mendapatkan formulir pendaftaran pada awal bulan Agustus dan batas akhir penyerahan formulir adalah tanggal 15 Oktober. Namun jika anda berencana mendaftarkan diri anda pada bulan Oktober, maka anda bisa mendapatkan formulir pendaftaran pada awal bulan Februari dan batas akhir penyerahan formulir adalah tanggal 15 April. Sedangkan untuk persiapan selama 1.5 tahun akan dimulai pada bulan Oktober dan selesai pada bulan April. Silahkan menghubungi kami untuk informasi mengenai pendaftaran pada bulan Juli dan Januari, tanggal dapat berubah sewaktu- waktu. Dan untuk informasi selanjutnya anda dapat langsung menghubungi kami.

Kursus apa saja yang Anda tawarkan Kokusai Kotoba Gakuin?

Kami menyediakan kursus purna waktu dan kursus bahasa sebagai persiapan untuk memasuki Perguruan Tinggi. Waktu dan panjangnya masa untuk kursus purna waktu ditentukan pada waktu pendaftaran. Pendaftar pada bulan April dimohon untuk menandatangani masa kursus selama dua tahun sedangkan  pendaftar pada bulan Oktober harus menandatangani masa kursus selama satu setengah tahun. Harap diperhatikan bahwa pendaftar pada bulan Oktober harus sudah memiliki sertifikat kemampuan bahasa Jepang dengan level kemahiran tingkat 3 atau lebih.

Apa yang dimaksud dengan program persiapan sebelum masuk kuliah?

Kokusai Kotoba Gakuin Language School adalah sekolah yang sudah mendapatkan sertifikasi College Preparatory Course dari Kementerian Pendidikan Jepang untuk mengajarkan murid yang berasal dari negara lain yang mempunyai sistem pendidikan selama 10 atau 11 tahun. Jika murid tersebut telah menyelesaikan kursusnya maka mereka berhak untuk mendaftar ke Universitas Jepang, Sekolah Tehnik atau Institut yang lebih tinggi di Jepang. Murid di College Preparatory Course belajar selama 4 jam sehari, 6 hari seminggu dengan total 920 jam sampai dengan akhir masa belajarnya.

Persyaratan apa saja yang harus dipenuhi apabila ingin mendaftar sebagai siswa Kokusai Kotoba Gakuin?

Persyaratan yang berlaku adalah :

  1. Mempunyai Sertifikat Tes Kemampuan Bahasa Jepang (Nouryouku Shiken min N 5) atau (Nihongo NAT-Test min Level 4).
  2. Lulusan SMU, maksimal 23 tahun atau Universitas maksimal 27 tahun.
  3. Belum pernah melakukan kerja magang di Jepang.

Saya tidak memiliki kemampuan berbahasa Jepang. Dapatkah saya menjadi siswa Kokusai Kotoba Gakuin?

Sebelum para siswa berangkat harus minimal mempunyai sertifikat bahasa Jepang, untuk Nouryoku Shiken (JLPT) minimal Level 5 dan NAT-Test minimal Level 4. NAT-Test diselenggarakan 4 kali dalam setahun di Bandung. Untuk dapat lulus ujian tersebut dapat mengikuti kursus bahasa Jepang di HINODE yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Kokusai Kotoba Gakuin di Bandung. Dengan mempunyai sertifikat kemampuan bahasa Jepang ini diharapkan para siswa yang akan berangkat tidak akan mengalami kesulitan pada saat mereka tiba di Jepang.

Berapa biaya yang harus dikeluarkan apabila saya ingin bersekolah di Kokusai Kotoba Gakuin Shizuoka?

Total biaya yang dibutuhkan untuk melakukan studi di Kokusai Kotoba Gakuin untuk tahun pertama adalah sekitar ¥.605.000 dan pada tahun kedua adalah sekitar ¥.480.000 (nominal secara Rupiah tergantung kepada kurs Yen terhadap Rupiah). Apabila siswa memerlukan perinciannya maka siswa dapat menghubungi kantor perwakilan (Renrakojou) Kokusai Kotoba Gakuin di Jalan Titiran No 10, Bandung. No. Telp 022-2534372 atau dapat menulis email langsung kepada kami.

Berapa biaya hidup selama saya menuntut ilmu di Kokusai Kotoba Gakuin Shizuoka?

Biaya hidup yang harus diperlukan apabila siswa ingin menuntut ilmu di Kokusai Kotoba Gakuin adalah sekitar ¥.43.000 per bulan. Biaya tersebut adalah apabila siswa berbagi asrama dengan siswa lain. Biaya hidup tersebut tentu bisa berbeda antara satu orang siswa dengan siswa lainnya. Apabila siswa ingin mengetahui biaya hidup secara lebih terperinci silahkan menghubung Renrakujou Kokusai Kotoba Gakuin di Jalan Titiran No.10, Bandung. No. Telp 022-2534372 atau dapat menulis email langsung kepada kami.

Seperti apakah kurikulum yang ada di Kokusai Kotoba Gakuin Shizuoka?

ClassDurationText BookGoal
Basic Level I200 Jam Atau Lebih Dari 3 BulanPractical Japanese IPercakapan Dasar
Hiragana - Katakana
150 Kanji
Basic Level II200 Jam Atau Lebih Dari 3 BulanPractical Japanese IITata Bahasa Dasar
500 Kanji
Basic Level III200 Jam Atau Lebih Dari 3 BulanPractical Japanese IIIMembaca 1000 Kanji
Intermediate Level I200 Jam Atau Lebih Dari 3 BulanNihongo Hyogen Bunkei IBelajar Menulis Kalimat
Intermediate Level II200 Jam Atau Lebih Dari 3 BulanNihongo Hyogen Bunkei IIPercakapan Bebas
2000 Kanji
Advance Level200-400 Jam atau 3-6 Bulan1. TV Script
2. Newspaper Literature
3. Quizzes For JLPT
Penulisan Kreatif
Lulus Level 1

Apa yang dimaksud dengan JLPT?

JLPT adalah kependekan dari Japanese Language Proficiency Test (日本語能力試験 Nihongo Nōryoku Shiken) adalah tes acuan standar untuk mengevaluasi dan mengesahkan kemampuan berbahasa Jepang untuk penutur non Jepang yang dilakukan oleh Japan Foundation and Japan Educational Exchanges and Services (dulu disebut Association of International Education, Japan). Terdiri dari Level 4 untuk tingkatan yang paling dasar dan Level 1 untuk tingkatan yang paling mahir. Tes dilakukan setahun dua kali pada hari minggu di minggu pertama bulan Juli dan hari minggu di minggu pertama di bulan Desember setiap tahun. JLPT tes wajib dilakukan oleh para siswa non Jepang yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi di Jepang, selain itu tes JLPT juga wajib dilakukan oleh penduduk non Jepang yang ingin mendapatkan visa jangka panjang untuk menetap di Jepang.